Friday 8 March 2013

Tugas 1 - Decision Support Systems


Decision Support Systems
Criistiina Ofelia Stanciu
„Tibiscus” University of Tiimisoara,, Romania

Berdasarkan Sprague dan carlson, decision support systems akan terdiri dari beberapa kompenen berikut: komponen manajemen data, komponen manajemen model; komponen manajemen interface pengguna; arsitektur decision support system. Saat ini, komponen-komponen decision support systems lebih terlihat seperti yang pernah diidentifikasi oleh Sprague pada 1982 : 

  • Interface pengguna; subsistem berdasarkan pengetahuan; modul manajemen data; modul manajemen model. Interface pengguna adalah sebuah komponen yang menyediakan komunikasi antara pengguna dan decision support system.
  • Metode manajemen data adalah sebuah subsistem dari decision support system berbasis komputer, dan memiliki sejumlah subkomponen di dalamnya, yaitu:
  •     Database terintegrasi decision support system;
  •     Sistem manajemen database;
  •     Sebuah kamus data;
  •     Alat-alat pertanyaan, 

            Modul manajemen model terdiri dari komponen-komponen berikut ini:
  1. Dasar model, terdiri dari model kuantitatif yang menawarkan sistem kapasitas analisis dan penemuan solusi terhadap masalah;
  2. Modul manajemen dasar model, yang dimaksudkan untuk menciptakan model baru dengan menggunakan bahasa pemrograman; kamus model, yang berisi definisi model dan informasi lain yang berhubungan terhadap mereka;
  3. Penciptaan, pelaksanaan dan integrasi modul dari model, yang menginterpretasikan instruksi penggunaberdasarkan model dan akan mentransfer mereka melalui sistem manajemen model.
           Nah, penjelasan diatas merupakan komponen-komponen yang terdapat dalam decision support system. Semoga penjelasan diatas membantu teman-teman memahami konsep dasar dari DSS :-)

1 comment:

  1. wah.. terima kasih atas informasinya senira :) kebetulan saya sedang mencari informasi-informasi tambahan mengenai DSS. Ditunggu posting selanjutnya ^^

    ReplyDelete