Friday 8 March 2013

Tugas 4 - Multinational Company


Analisis Dampak Penggunaan Sistem Enterprise Resource Planning
Roll-out di Perusahaan Multi-National
Fergal Carton and Frederic Adam
University College Cork, Ireland
f.carton@ucc.ie
fadam @afis.ucc.ie

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa efek positif dan negatif implementasi ERP pada anak perusahaan multi-nasional, dan bagaimana organisasi dapat merencanakan untuk melindungi keunggulan kompetitif lokal dan efek mengadopsi proses standar bisnis.
Pertanyaan pertama bagaimana mendapatkan suatu pemahaman tentang bagaimana anak multi-nasional melihat diri mereka dalam perusahaan konteks, dan bagaimana mereka merumuskan keunggulan kompetitif dan keunikan mereka organisasi global. Pertanyaan kedua menyangkut dampak yang ditimbulkan pengimplementasi ERP. Pertanyaan ketiga melihat dampak dari pengimplementasian ERP di organisasi lokal. Sistem ERP mengubah alat yang digunakan orang untuk melakukan pekerjaan mereka, tanggung jawab mereka dan hubungan dengan rekan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efek jangka panjang dari menerapkan ERP pada perusahaan.
Roll-out dari ERP membuat kekacauan dalam organisasi lokal, setidaknya dalam jangka menengah, mengubah keseimbangan kekuasaan antara situs. Dari sudut pandang sebagai peneliti, sulit untuk melihat bagaimana pergolakan ini dapat bermanfaat baik untuk lokal situs atau perusahaan global. Seperti studi kasus yang kami selesaikan, kami akan mampu membuat saran khusus untuk pengembangan model yang lebih bisa diandalkan untuk menciptakan template implementasi global untuk ERP proyek skala besar. Hal ini dapat digunakan baik untuk membimbing penelitian lebih lanjut di perusahaan dan untuk menginformasikan praktek menerapkan sistem tersebut dalam multi-nasional perusahaan.

Halo teman-teman pembaca, untuk tugas 4 ini, penulis mengerjakannya sedikit berbeda dengan tugas 1,2, dan 3. Perbedaannya pada tugas 4 ini, penulis melakukan review mengenai jurnal yang mengimplementasikan ERP (Enterprise Resource Planning) terhadap multinational company. Semoga review yang dilakukan penulis dapat memberikan wawasan yang bermanfaat :-)






5 comments:

  1. Terima kasih. Cukup informatif. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  2. review jurnal yang sungguh menarik, Senira!

    ReplyDelete
  3. Informatif sekali! Semoga ke depannya dapat terus mem-publish artikel seperti ini, karena bisa menambah wawasan banget! ^^

    ReplyDelete
  4. ERP itu sudah seperti booster untuk profit perusahaan berarti yah,, sangat informatif

    ReplyDelete